Dapatkan Fasilitas seru di SUPRIZONE
feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

tulisan untuk Kompetisi XL AWARDS 2009

tulisan untuk kompetisi XL AWARDS 2009

KATEGORI : UMUM
Tema Umum :
Upaya XL memberikan layanan telekomunikasi terbaik bagi pelanggan dan Indonesia

Tema Pilihan :
Konvergensi IT dan Telekomunikasi dan keuntungan bagi masyarakat

Judul :
XL TROPIS: Visi Menuju Kesejahteraan konsumen selular di Indonesia



Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kini teknologi selular telah berkembang begitu pesat. Dari mulai kelahirannya yang hanya berupa alat komunikasi analog yang menghantarkan suara saja hingga kini yang telah terintegrasi dengan teknologi informasi. Teknologi telepon selular saat ini, telah memanjakan para penggunanya dengan menawarkan akses yang tidak hanya komunikasi suara dan pesan singkat saja. Namun, kini telah merambah pada akses data yang terintegrasi baik dengan internet maupun pihak lain seperti perbankan dan sebagainya.

Pada kurun waktu yang sangat singkat, telepon selular yang sebelumnya digolongkan ke dalam barang mewah berubah menjadi barang primer. Kebutuhan membeli pulsa menjadi kebutuhan yang kemudian selalu dianggarkan bagi segenap konsumennya selain untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari. Dengan melihat pertumbuhan pengguna yang seperti itu, para penyedia layanan selular terus berlomba untuk menarik hati para konsumen untuk bersedia menjadi langganan mereka. Dari mulai paradigma perang tarif hingga kini penyedia konten. Dengan ketatnya persaingan ini maka diperlukan terobosan baru dari para penyedia layanan agar mereka dapat menarik hati masyarakat.

Paradigma sukses bagi seorang produsen dalam hal ini merupakan para penyedia layanan adalah “konsumen itu raja”. Dengan merujuk pada paradigma tersebut, maka yang harus ditekankan adalah bagaimana para produsen mengambil sudut pandang konsumen dalam penyediaan layanannya. Sebagai sebuah sudut pandang baru yang akan diketengahkan adalah bagaimana para penyedia layanan selular membantu masyarakat yang saat ini sedang dihantam masalah ekonomi yang begitu berat. Mengingat pengguna telepon selular di Indonesia telah mencapai angka yang fantastis yaitu hampir separuh penduduk negeri ini.


Melalui paradigma tersebut, maka dapat dirumuskan sebuah konsep inovasi yang dapat disebut dengan layanan satu atap (One Stop Service) yang bila diintegrasikan dengan Merk dagang XL menjadi XL One Stop Service ( XL TROPIS). XL TROPIS merupakan layanan XL yang memanfaatkan konvergensi ICT(Information and Communication Technology) dan dihubungkan dengan fenomena sosial masyarakat. Fenomena sosial masyarakat ini meliputi pemenuhan kebutuhan dasar manusia yang berupa kebutuhan pokok seperti makan, komunikasi, informasi, transportasi. Sedangkan standar ICT yang berlaku untuk menjalankan program ini adalah mulai dari generasi 2,5G. Adapun singkatan TROPIS ini merujuk pada wilayah Indonesia yang merupakan simbol bahwa konsep ini diperuntukkan untuk masyarakat Indonesia.

XL TROPIS memberikan kenyamanan dan kemanjaan bagi para konsumen XL. Bahkan selain itu, bisa menjadi solusi akan peliknya kondisi perekonomian masyarakat yang salah satunya adalah susahnya mencari pekerjaan. Model XL TROPIS dikembangkan untuk menimbulkan ketergantungan positif terhadap telepon selular dikarenakan layanannya yang sangat memanjakan konsumen. Model ini mencoba menjadi jalan singkat (shortcut) bagi konsumen dalam berinteraksi dengan produsen dan begitupun sebaliknya. Bidang yang menjadi prioritas utama yang dibangun pada Model XL TROPIS ini adalah pertama, XL menjadi cooperation mobile ( koperasi bergerak), kedua, XL menjadi broker services (makelar jasa), ketiga, full services provider ( penyedia layanan yang menyediakan konten jasa selular yang lengkap).

Cooperation mobile, merupakan layanan yang menjadikan jaringan XL sebagai tempat bertemunya permintaan dan penawaran atau dengan kata lain jaringan XL dibentuk menjadi pasar bergerak (mobile market). Sebagai aplikasi dari konsep ini, seorang pelanggan XL dapat mendaftarkan dirinya pada XL menjadi konsumen atau produsen. Dengan kata lain, setiap produsen yang memiliki sebuah bisnis relatif mudah untuk menemukan konsumen dengan akses jaringan ke seluruh nusantara. Selain itu, di sisi konsumen mereka akan relatif mudah menemukan barang yang mereka cari berdasarkan kategori yang telah disediakan.

Selain menjadi penghubung antara konsumen dan produsen, konsep Cooperation mobile pun menyediakan layanan perlindungan konsumen dan produsen. Keamanan bertransaksi menjadi bagian pula dari layanan ini. Bahkan untuk lebih membuat kenyamanan dapat terpenuhi lagi maka XL dapat menyediakan fasilitas jasa kirim barang. Dengan demikian, konsep Cooperation mobile dapat dikontribusikan XL kepada masyarakat dalam rangka menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Kemudian konsep kedua yaitu broker services pada model XL TROPIS meliputi pelayanan yang menyentuh sisi kebutuhan seperti makan, transportasi dan informasi. Konsep kedua ini dibangun dari afiliasi XL dengan para Produsen makanan, transportasi dan penyedia informasi. Sebagai contoh, seorang pelanggan XL tidak perlu keluar membeli kebutuhan rutin rumah tangga, ia cukup membuka ponsel kemudian mengakses katalog belanja yang sudah ada misalnya XL bekerja sama dengan carrefour. Bahkan, jika diintegrasikan layanan pulsa XL sebagai deposit tabungan maka pulsa XL dapat dipergunakan untuk membeli makanan secara delivery services atau makan di restoran tanpa harus merogoh kantong. Selain itu, bagi orang yang sering bergerak mengendarai mobil melewati jalan tol maka pulsa XL dapat digunakan untuk membayar tol. Hal ini akan terasa lebih praktis karena tidak perlu repot membawa kartu pembayaran tol .

Selain itu, konsep broker services dapat diturunkan ke dalam layanan jasa penyampaian informasi seperti informasi berita maupun pendidikan. Dalam menyampaikan informasi berita, XL menyediakan konten update pada layar ponsel dari berita ekonomi, bisnis hingga infotainment. Untuk bidang pendidikan, XL dapat menyediakan konten pendidikan yang selalu dibutuhkan yaitu layanan kamus XL maupun layanan database jurnal dan artikel ilmiah yang bisa saja XL buat dengan cara bekerja sama dengan pihak lain.

Konsep ketiga dari XL TROPIS adalah full services provider, karena kompetisi yang kian ketat maka sebuah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi setiap penyedia layanan adalah berada pada tingkat layanan standar yang harus dimiliki sesuai tuntutan zaman. XL harus memiliki pelayanan sebagaimana operator lain punyai sehingga para pelanggannya tidak akan lirik samping kanan-kiri lagi karena XL sudah standar.

Dari pemaparan di atas, maka dapat kita ketahui bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang saling terintegrasi akan membuahkan efek positif pada masyarakat luas. Apalagi jika pengelolaan konsepsi berdasar pada tujuan mulia untuk pembangunan bangsa dan penyejahteraan masyarakat. Dengan demikian, XL TROPIS merupakan konsep baru yang memadukan konvergensi IT dan komunikasi dan di adaptasikan kepada fenomena masyarakat. Model ini pun digunakan untuk membuka sekat kepentingan “Aku” produsen yang hanya memiliki orientasi pada peningkatan laba saja. Akan tetapi, kini malah menjadi solusi konkrit bagi masyarakat menuju kesejahteraan mereka juga.